Friday, January 24th, 2020

Mengenalkan OJK Lewat Sosialisasi dan Edukasi

Published on October 19, 2014     Penulis :   ·   No Comments
Perwakilan OJK Regional 5 Sumatera Suryo menjelaskan keberadaan OJK di acara Seminar Pedagang Kaki Lima dan Mitra Kerja Bank di Aula Martabe, Jalan Diponegoro Medan, Minggu (19/10).

Perwakilan OJK Regional 5 Sumatera Suryo menjelaskan keberadaan OJK di acara Seminar Pedagang Kaki Lima dan Mitra Kerja Bank di Aula Martabe, Jalan Diponegoro Medan, Minggu (19/10).

Sebuah program bagus tidak akan berjalan sesuai dengan harapan jika sosialisasi dan edukasi tentang program tersebut tak pernah dilakukan. Pentingnya sosialisasi dan edukasi juga berlaku bagi aturan-aturan baru dalam segala sektor dan bidang. Contoh kecilnya adalah, seorang anak tidak akan pernah belajar untuk menyisihkan uang jajannya (menabung sebagian dari uang jajannya) kalau edukasi tentang pentingnya menabung sejak dini tidak dilakukan.

Oleh : James P. Pardede

Edukasi dari pihak perbankan tentang pentinynya menabung dan menyiapkan masa depan telah merasuki pikiran anak-anak zaman sekarang untuk memberanikan diri menyisihkan uang jajannya dan memasukkan recehan kecil atau uang kertas ke dalam celengan kecil di kamarnya. Beberapa sekolah saat ini sangat gencar dalam mengedukasi anak muridnya untuk belajar hidup hemat dan menabung.

Sama halnya dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memiliki peran strategis di negeri ini dalam melakukan pengaturan, pengawasan dan perlindungan demi terwujudnya industry keuangan yang sehat. OJK sebagai lembaga independen yang memiliki fungsi, tugas dan wewenang untuk mengatur dan memberikan pengawasan terhadap jasa keuangan harus secara berkesinambungan melakukan sosialisasi dan edukasi tentang tugas dan fungsinya.

OJK yang dalam operasionalnya mengambil alih fungsi Bank Indonesia dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas perbankan, sampai hari ini masih banyak warga masyarakat yang tidak mengenal keberadaannya. Upaya-upaya yang dilakukan OJK dalam mengenalkan keberadaannya sudah sampai ke kampus-kampus, secara intensif menjalin hubungan dengan jurnalis. Dan di kota Medan sendiri, OJK Regional 5 Sumatera melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang kaki lima. Upaya ini dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

Sosialisasi dan edukasi tentang OJK kepada ratusan pedagang pasar dan pedagang kaki lima dirangkai dengan acara Seminar Pedagang Kaki Lima dan Mitra Kerja Bank di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro Medan.

Menurut Ketua Forum Pedagang Pasar dan Pedagang Kaki Lima (FPKL) Kota Medan AP Luat Siahaan, seminar yang digelar untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pedagang kaki lima sudah beberapa kali dilaksanakan. Seminar yang digagas bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan adalah salah satu upaya untuk mengenalkan tugas dan fungsi OJK kepada pedagang kaki lima Kota Medan.

‚ÄúKita berharap, dengan adanya sosialisasi dan edukasi kepada pedagang kelak akan memberikan efek positif. Dimana, sebagian besar dari pedagang kaki lima sudah pernah mendapatkan bantuan kredit dari perbankan. Dalam dinamikanya, adajuga pedagang yang nakal dan menunggak, ada juga yang lancar dan rajin mengembalikan. OJK sebagai lembaga independen yang melakukan pengawasan ketat terutama dalam memberikan kucuran kredit kepada pedagang, akan berhati-hati jika menemukan pengajuan dari orang yang sudah pernah bermasalah,‚ÄĚ paparnya.

Karena, lanjut Luat Siahaan pengawasan yang dilakukan OJK bisa berjalan dengan baik, transparan, akuntabel dan lebih melindungi konsumen jika sosialisasi dan edukasi telah dilakukan dan pedagang akan mengerti posisinya dan kewajibannya ketika mendapatkan kucuran kredit dari perbankan.

Perwakilan dari OJK Regional 5 Sumatera dihadiri oleh Ahmad Wijaya Putra dan Suryo sebagai pemateri. Dalam materinya, Suryo menyampaikan bahwa OJK saat ini menuju babak baru pengaturan dan pengawasan sektor jasa keuangan. Posisi OJK sangat penting karena mengambil alih tugas-tugas yang tadinya dilakukan oleh Bapepam LK di bawah Kementerian Keuangan. Bahkan pada tahun ini, posisi OJK semakin strategis karena mengambil alih pengawasan Perbankan dari Bank Indonesia.

Dalam operasionalnya sehari-hari, OJK sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk melindungi aset-asetnya di lembaga non bank dan bank. Di saat yang sama, OJK juga diharapkan bisa membantu proses jalannya keuangan yang baik di Indonesia, apalagi kelahiran OJK ini merupakan sebuah kemajuan bagi bangsa Indonesia.

Pentingnya edukasi dan sosialisasi tentang keberadaan OJK tidak hanya dilakukan dikalangan pedagang kaki lima. OJK sendiri sudah memasuki kampus dan sekolah untuk lebih mengenalkan OJK, termasuk kewenangan, tugas dan fungsinya.

Sebelum pelaksanaan seminar dan pematangan kerja sama antara FPKL dengan OJK, Kepada Bagian Perijinan OJK Regional 5 Sumatera Basri menegaskan bahwa sejak OJK hadir di Sumatera Utara belum pernah melibatkan pedagang kaki lima dalam melakukan sosialisasi tentang apa itu OJK. Dengan terjalinnya kerjasama FPKL dan OJK dalam menggelar acara seminar, pedagang kaki lima akan mengerti apa sesungguhnya OJK dan apa fungsinya dalam pengelolaan jasa keuangan dan pengawasan.

‚ÄúOtoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan: terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat,‚ÄĚ papar Basri.

Tugas dan fungsi OJK, menurutnya lagi adalah menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan, kemudian melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

Kata Kunci

Sosialisasi dan edukasi tentang OJK kepada semua kalangan akan memudahkan OJK dalam melakukan pengawasan. Hasil dari pengawasan yang dilakukan juga dikomunikasikan kepada masyarakat agar mengetahui lebih jauh seperti apa kewenangan dari OJK.

Kepala Bagian Pengawasan Bank Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Sumatera, Anton Purba, menyampaikan hasil pengawasannya kepada sejumlah watawan di Medan. Dalam paparannya, Anton Purba mengatakan, tidak ada debitur yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung melakukan penundaan atau menunggak pembayaran cicilan kredit. Hingga kini, 2.288 debitur korban Gunung Sinabung masih mampu mengangsur kewajibannya.

Seperti diketahui, sebanyak 2.288 debitur korban Sinabung dengan total kredit mencapai Rp71,663 miliar, akan direstrukturisasi karena masuk dalam kategori perlakukan khusus. Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 8/15/PBI/2006 tanggal 5 Oktober 2006 tentang Perlakuan Khusus terhadap Kredit Bank bagi Daerah-Daerah Tertentu di Indonesia yang Terkena Bencana Alam, yang meliputi beberapa hal seperti penilaian kualitas kredit.

Salah satu perlakuan khusus adalah kualitas kredit bagi bank umum maupun BPR yang direstrukturisasi akibat bencana alam ditetapkan lancar sejak restrukturisasi sampai dengan tiga tahun setelah terjadinya bencana memasuki dalam perlakuan khusus. Namun rencana restrukturisasi tersebut tidak diberlakukan terhadap nasabah korban Gunung Sinabung karena mereka masih mampu membayarkan kewajiban.

“Sejauh ini, memang tidak ada bank yang melaporkan langkah restrukturisasi kredit debitur Sinabung. Bank secara rutin melaporkan kepada OJK terkait kondisi debitur di Karo. tapi belum ada dilaporkan soal nasabah bermasalah termasuk yang akan direstrukturisasi. Karena mereka juga membayar sesuai dengan kewajiban,” jelas Anton.

Sosialisasi dan edukasi menjadi kata kunci dalam mengomunikasikan OJK kepada semua kalangan. Termasuk mengenalkan keberadaan OJK di dunia maya lewat websitenya OJK serta Informasi dan Edukasi. Seperti kata pepatah, kenal maka sayang, tak kenal maka tak sayang. Semoga OJK semakin dikenal, terutama dalam memasuki babak baru pengaturan dan pengawasan sektor jasa keuangan. * Penulis adalah contributor SWATT Online di Medan, Sumatera Utara.

 

Share

Tags: ,

Readers Comments (0)




*
 

INTERNASIONAL

FOTO: Psukan Militer Israel (www.pri.org)

Militer Israel Gempur Pasukan Iran di Suriah

Paukan Militer Israel (IDF) mengatakan mereka mulai melancarkan serangan terhadap pasukan Iran di Suriah. IDF mengatakan target operasi ini ...
FOTO : Ilustrasi Pemuda Palestina

Dua Pemuda Palestina Ditembak Tentara Israel

Dua pemuda Palestina yang masuk ke Israel melalui Jalur Gaza tewas ditembak oleh tentara Israel, pada hari Minggu ...
FOTO: Seorang anak perempuan Palestina menghadang tentara Israel.

Hikmanto : Soal Yerusalem Bukan Soal Agama, Melainkan Bentuk Penjajahan

Masyarakat di Tanah Air dihimbau tetap dapat menjaga perdamaian serta tidak mudah terprovokasi melakukan kekerasan terkait kriris Yerusalem, ...

FOKUS

Pendiri Majalah Playboy, Hugh Hefner

Hugh Hefner Melegenda dengan ‘Majalah Playboy’

Pria kelahiran 9 April 1926 ini melegenda sebagai pelopor majalah pria dewasa Playboy yang didirikannya. Ya, dia adalah Hugh Hefner. Disaat ...
Kawsan wisata Danau Toba menjadi salah satu objek wisata andalan Sumatera Utara. Foto : James P Pardede

Hari Jadi ke-67 Pemprovsu : Komitmen dan Kebersamaan Kata Kunci Membangun Sektor Pariwisata yang Berdaya Saing di Kawasan ASEAN

Tahun ini (2015), Provinsi Sumatera Utara genap berusia 67 tahun. Di usianya yang sudah sangat matang itu ada ...
kritik_heru

Kritik.

Dan anda yang pro terhadap pemerintahan, tak seharusnya juga menganggapnya sebagai pembenci. Karena kritikan adalah bumbu sedap yang ...

INTERVIEW

Mochammad Zainul Muttaqien

Redam Konflik SARA dengan Silaturahmi.

Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polisi Republik Indonesia (Polri) sebagai lembaga pelaksana kebijakan Polri mengemban tugas dan peran sebagai ...
Supandi (ist.)

Hakim Agung Supandi: Eksekusi Susno, MA Dijadikan Keranjang Sampah

Jakarta - Kasus eksekusi Suno Duadji bak sinetron. Setelah melalui perdebatan pepesan kosong, Susno akhirnya menyerahkan diri ke Lapas ...
dok detikcom

Adrianus Meliala Soal Susno: Orang yang Sengaja Melindungi, Bodoh

Jakarta - Hingga kini, terpidana dugaan kasus korupsi pengamanan pilkada Jawa Barat 2008 dan korupsi penanganan perkara PT Salmah ...

HEALTHY

FOTO: Nyamuk Malaria (ist)

25 Juta Warga Afrika Terancam Malaria

Jumlah warga Afrika terancam malaria meningkat dua kali lipat menjadi 25 juta orang pada 2080 akibat perubahan iklim, ...
obat/ilustrasi

Memperkuat Sinergi dan Sistem Pengawasan BPOM di Era MEA

Sosialisasi tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sampai hari ini masih terus dilakukan agar tidak ada persepsi yang salah ...
Personel Satlantas Polresta Medan bagi-bagikan masker kepada penguna jalan di persimpangan Jalan Sudirman dan Slamet Riadi Medan, Kamis (9/10). Pembagian masker sebagai bentuk kepedulian Polresta mengantisipasi dampak debu vulkanik Gunung Sinabung. Foto : James P. Pardede

Polisi Bagi-bagi Masker Gratis di Medan

Dampak erupsi gunung Sinabung yang mengeluarkan debu vulkanik telah menyebar sampai ke Medan. Menyikapi hal ini, Satuan Lalulintas ...

TEKNOLOGI

FOTO: Google

Puluhan Ribu Staf Google Siap Buru Konten Ekstremis di Youtube

Google akan mengerahkan 10.000 staf untuk memburu konten ekstremis di platform YouTube mereka menyusul kritik baru-baru ini menurut ...
Logo aplikasi WhatsApp

Konten Pornografi Muncul, Kominfo Tidak Blokir “WhatsApp”

Pasca ramai munculnya konten bernuansa pornografi dalam format "graphics interchange format" atau GIF dalam aplikasi pesan "WhatsApp", pemerintah tetap ...
obat/ilustrasi

Memperkuat Sinergi dan Sistem Pengawasan BPOM di Era MEA

Sosialisasi tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sampai hari ini masih terus dilakukan agar tidak ada persepsi yang salah ...

KOMUNITAS

Olah raga bela diri Kendo.

Kendo, Menyerang tapi Beretika

KIAI!! begitu teriak dua pria yang saling menyerang dengan pedang kayu. Suasana pun berubah menjadi mendebarkan. Setiap kali menyerang, ...
Belajar Membatik

Peserta Didik Belajar Membatik

BELAJAR MEMBATIK-Peserta didik Nanyang Zhi Hui School Medan memberikan pelajaran tambahan (ekstrakurikuler) jurnalistik, video, menggambar, catur, futsal, dance, ...
Belajar Membatik

Peserta Didik Belajar Membatik

BELAJAR MEMBATIK-Peserta didik Nanyang Zhi Hui School Medan memberikan pelajaran tambahan (ekstrakurikuler) jurnalistik, video, menggambar, catur, futsal, dance, ...

AWARD

FOTO: pelantikan pengurus IKAUMI se Jabodetabek, di Citeureup - Bogor. (SWATT Online/doc)

Masrurah Mohktar kukuhkan pengurus IKAUMI se-Jabodetabek.

Pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) PT Security Phisik Dinamika (SPD) menjadi saksi sejarah pelantikan pengurus Ikatan Alumni Universitas ...
FOTO: Muhajir/SWATT Online

Lagi, Dirut SPD Group raih Award 2012

Direktur utama PT Security Phisik Dinamika (SPD Group) Panglima Ali kembali ditetapkan sebagai peraih penghargaan The Inspiring Leader ...
Direktur utama SPD, Panglima Ali menerima penganugerahan penghargaan "Top 25 The Excellent Performance & Education Award 2012", dari Kementerian Koperasi dan UKM di Hotel Le Meriedien, Jumat

Direktur utama SPD Group raih “Top Profider Security Service”

Direktur utama PT Security Phisik Dinamika (SPD Group) Panglima Ali mendapatkan penganugerahan penghargaan dari  Kementerian Koperasi dan UKM, ...

TIPS

kerja1

Kiat Bugar Sepanjang Hari di Kantor

Yayasan Jantung Inggris (BHF) menyimpulkan pekerja modern punya efek yang merugikan terhadap kesehatan. Untuk ini, BHF memberikan tips ...
Nicholas Saputra/REUTERS

Tips Nyaman Berwisata Ala Nicholas Saputra

JAKARTA - Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berwisata, terutama jika anda ingin bepergian jauh ke luar negeri. ...
Bahasa Asing (ilustrasi)/LIBRARY ESCONDIDO

Tiga Jurus Bikin Belajar Bahasa Jadi Hobi Mengasyikkan

Tidak ada ilmu yang bisa masuk ke tulang sum-sum bila si pembelajar tidak menyukainya. Bagi yang sedang berusaha ...