Friday, January 24th, 2020

Peluang dan Tantangan JNE Menghadapi MEA 2015

Published on January 25, 2015     Penulis :   ·   No Comments
Perusahaan Jasa Logistik

Perusahaan Jasa Logistik

Tahun ini (2015), kesepakatan Masyakarat Ekonomi ASEAN atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku. Jika ingin tetap bisa bersaing, Indonesia harus berbenah. Sebab, daya saing beberapa sektor industri utama kita masih kalah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Sudah siapkah kita menghadapi persaingan di tahun 2015 ini ?

Oleh : James P. Pardede

Indonesia dan negara-negara di wilayah Asia Tenggara akan membentuk sebuah kawasan yang terintegrasi yang dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA  merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Terdapat empat hal yang akan menjadi fokus MEA pada tahun 2015 yang dapat dijadikan suatu momentum yang baik untuk Indonesia (CRMS Indonesia,2014).

Pertama, negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini akan dijadikan sebuah wilayah kesatuan pasar dan basis produksi. Dengan terciptanya kesatuan pasar dan basis produksi maka akan membuat arus barang, jasa, investasi, modal dalam jumlah yang besar, dan skilled labour menjadi tidak ada hambatan dari satu negara ke negara lainnya di kawasan Asia Tenggara.

Kedua, MEA akan dibentuk sebagai kawasan ekonomi dengan tingkat kompetisi yang tinggi, yang memerlukan suatu kebijakan yang meliputi competition policy, consumer protection, Intellectual Property Rights (IPR), taxation, dan E-Commerce. Dengan demikian, dapat tercipta iklim persaingan yang adil;  terdapat perlindungan berupa sistem jaringan dari agen-agen perlindungan konsumen; mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta; menciptakan jaringan transportasi yang efisien, aman, dan terintegrasi; menghilangkan sistem Double Taxation, dan; meningkatkan perdagangan dengan media elektronik berbasis online.

Ketiga, MEA pun akan dijadikan sebagai kawasan yang memiliki perkembangan ekonomi yang merata, dengan memprioritaskan pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Kemampuan daya saing dan dinamisme UKM akan ditingkatkan dengan memfasilitasi akses mereka terhadap informasi terkini, kondisi pasar, pengembangan sumber daya manusia dalam hal peningkatan kemampuan, keuangan, serta teknologi.

Keempat, MEA akan diintegrasikan secara penuh terhadap perekonomian global. Dengan dengan membangun sebuah sistem untuk meningkatkan koordinasi terhadap negara-negara anggota. Selain itu, akan ditingkatkan partisipasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada jaringan pasokan global melalui pengembangkan paket bantuan teknis kepada negara-negara Anggota ASEAN yang kurang berkembang. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan industri dan produktivitas sehingga tidak hanya terjadi peningkatkan partisipasi mereka pada skala regional namun juga memunculkan inisiatif untuk terintegrasi secara global.

MEA menjadi sangat dibutuhkan untuk memperkecil kesenjangan antara negara-negara ASEAN dalam hal pertumbuhan perekonomian dengan meningkatkan ketergantungan anggota-anggota didalamnya. Pro dan kontra terhadap pemberlakuan kesepakatan ini juga selalu ada.

Ketua Umum DPP Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto dalam sebuah kesempatan mengungkapkan pengusaha di dalam negeri harus lebih agresif meningkatkan daya saing untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Pasalnya jika pengusaha hanya berpangku tangan menunggu uluran tangan pemerintah, pengusaha asing akan merebut pasar di dalam negeri. “Intinya jangan berpikir defensif saja, asean community hanya lebih bermanfaat bagi negara asean lain,” ujar Suryo.

Menyikapi hal ini, industri yang bergerak di bidang jasa akan semakin bergairah jika sejak jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk ikut serta ambil bagian dalam kompetisi yang fair. Perusahaan jasa logistik pengiriman barang ekspres seperti PT Jalur Nugraha Eka Ekspres (JNE) sesungguhnya memiliki peluang yang sangat terbuka luas. Apalagi dengan boomingnya bisnis online yang mengharapkan adanya kerjasama erat dengan perusahaan jasa pengiriman barang.

Fokus pada Layanan

Pengalaman penulis saat menggunakan jasa pengiriman ekspres PT Jalur Nugraha Eka Ekspres (JNE) ke Jakarta, pada awalnya ada perasaan takut juga. Apakah benar barang yang saya kirim sampai ke alamat yang dituju tepat waktu ? Apakah kiriman saya aman ? Pertanyaan-pertanyaan itu pada awalnya menggugah pikiran saya untuk memutuskan apakah menggunakan jasa pengiriman JNE atau lewat jasa pengiriman ekspres lainnya.

Sebelumnya, saya sudah mendapat referensi dari teman yang sudah pernah menggunakan jasa pengiriman ekspres JNE bahwa surat atau barang yang dikirimnya ke Jakarta sampai tepat waktu. Tiba saatnya untuk memilih jasa pengiriman ekspres, saat bahan lomba karya tulis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional sudah dimuat di media massa dan klipingnya sudah dimasukkan dalam amplop tertutup. Motor yang saya kendarai melaju ke Jalan Brigjend Katamso Medan dan mengirimkan paket melalui JNE.

Esok harinya, tepat pukul 16.00 WIB saya membuka website JNE di www.jne.co.id dan mencari kolom tracking. Saya memasukkan nomor resi pengiriman titipan saya. Hampir tidak percaya, saya melihat bahwa kiriman saya sudah diterima dengan baik oleh panitia. Bukti bahwa kiriman saya sudah sampai ke meja panitia semakin diperkuat dengan email langsung dari panitia yang memberitahukan bahwa bahan lomba tulisan saya sudah sampai ke panitia.

Membaca website dan beberapa informasi yang ditampilkan JNE, bahwa sampai hari ini JNE tetap komit dalam memberikan pelayanan terbaik patut diberi apresiasi. JNE merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. Selain kegiatan utama tersebut, JNE juga telah memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Di akhir tahun 2012, JNE melakukan spin off divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri terpisah dari unit kurir ekspres.

Oleh karena itu, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman melalui jalur darat, sea freight, dan air freight. Selain itu, di sisi penjualan retail, jaringan penjualan JNE dapat dipastikan akan mencapai 3,000 outlet di seluruh Indonesia, yang terhubung secara on-line real time dengan data center di kantor pusat.

Seiring dengan perkembangan jaman dan makin maju pesatnya informasi teknologi kita, masyarakat sekarang sudah banyak yang ‚Äėmalas‚Äô untuk berbelanja ke pasar atau memilih-milih barang elektronik di toko. Saat ini, untuk membeli barang kebutuhan rumah tangga, barang elektronik untuk peralatan kerja atau sekadar membeli kamera DSLR untuk penyaluran hoby sudah sangat mudah. Tinggal buka laman perusahaan jasa penjualan barang online (Online Shop), kemudian pilih dan pesan. Dalam waktu satu hari, kalau agak jauh 2 atau 3 hari barang pesanan sudah sampai ditangan.

Pertumbuhan bisnis belanja online semakin pesat, iklan belanja online sudah masuk ke media elektronik. Perkembangan bisnis ini secara otomatis akan mengikutsertakan perusahaan jasa pengiriman barang/logistik untuk ikut berkembang dan melaju dengan pesat. Selain perusahaan bisnis online, masyarakat dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) pun sudah ada yang menjual produknya lewat bisnis online. Bisnis online ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi perusahaan jasa pengiriman barang dan logistik.

Bisnis online yang semakin berkembang sebenarnya tak perlu khawatir dengan masalah pengiriman barang yang dibeli oleh konsumen. Jasa pengiriman barang atau logistik pasti siap bermitra dengan peruahaan bisnis online di tiap kota. Seperti segitiga sama kaki, sama-sama diuntungkan. Pembeli menginginkan barang yang dibeli online lewat perusahan bisnis online  bisa sampai ke tangannya secepat mungkin.

Perusahan jasa pengiriman barang/logistik sudah pasti menjual kecepatannya. Perusahaan bisnis online ketika bermitra dengan jasa pengiriman barang pun menginginkan barang yang mereka kirim sampai ke pembeli tepat waktu. Sistem pembayaran yang dianut ada beragam. Urusan ini sudah menjadi ranah dan kebijakan kedua perusahaan.

Persaingan di bisnis jasa logistik Indonesia saat ini sangat kompetitif. Apalagi perusahaan jasa logistik asing juga ikut meramaikan pasar di dalam negeri. Menghadapi era pasar bebas ASEAN (MEA) 2015, perusahaan jasa logistik JNE dalam kiprahnya melayani konsmen selama 24 tahun pasti akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk memanjakan konsumennya.  MEA 2015 menjadi peluang sekaligus tantangan bagi JNE. (Penulis adalah jurnalis SWATT Online di Medan)

 

Share

Tags:

Readers Comments (0)




*
 

INTERNASIONAL

FOTO: Psukan Militer Israel (www.pri.org)

Militer Israel Gempur Pasukan Iran di Suriah

Paukan Militer Israel (IDF) mengatakan mereka mulai melancarkan serangan terhadap pasukan Iran di Suriah. IDF mengatakan target operasi ini ...
FOTO : Ilustrasi Pemuda Palestina

Dua Pemuda Palestina Ditembak Tentara Israel

Dua pemuda Palestina yang masuk ke Israel melalui Jalur Gaza tewas ditembak oleh tentara Israel, pada hari Minggu ...
FOTO: Seorang anak perempuan Palestina menghadang tentara Israel.

Hikmanto : Soal Yerusalem Bukan Soal Agama, Melainkan Bentuk Penjajahan

Masyarakat di Tanah Air dihimbau tetap dapat menjaga perdamaian serta tidak mudah terprovokasi melakukan kekerasan terkait kriris Yerusalem, ...

FOKUS

Pendiri Majalah Playboy, Hugh Hefner

Hugh Hefner Melegenda dengan ‘Majalah Playboy’

Pria kelahiran 9 April 1926 ini melegenda sebagai pelopor majalah pria dewasa Playboy yang didirikannya. Ya, dia adalah Hugh Hefner. Disaat ...
Kawsan wisata Danau Toba menjadi salah satu objek wisata andalan Sumatera Utara. Foto : James P Pardede

Hari Jadi ke-67 Pemprovsu : Komitmen dan Kebersamaan Kata Kunci Membangun Sektor Pariwisata yang Berdaya Saing di Kawasan ASEAN

Tahun ini (2015), Provinsi Sumatera Utara genap berusia 67 tahun. Di usianya yang sudah sangat matang itu ada ...
kritik_heru

Kritik.

Dan anda yang pro terhadap pemerintahan, tak seharusnya juga menganggapnya sebagai pembenci. Karena kritikan adalah bumbu sedap yang ...

INTERVIEW

Mochammad Zainul Muttaqien

Redam Konflik SARA dengan Silaturahmi.

Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polisi Republik Indonesia (Polri) sebagai lembaga pelaksana kebijakan Polri mengemban tugas dan peran sebagai ...
Supandi (ist.)

Hakim Agung Supandi: Eksekusi Susno, MA Dijadikan Keranjang Sampah

Jakarta - Kasus eksekusi Suno Duadji bak sinetron. Setelah melalui perdebatan pepesan kosong, Susno akhirnya menyerahkan diri ke Lapas ...
dok detikcom

Adrianus Meliala Soal Susno: Orang yang Sengaja Melindungi, Bodoh

Jakarta - Hingga kini, terpidana dugaan kasus korupsi pengamanan pilkada Jawa Barat 2008 dan korupsi penanganan perkara PT Salmah ...

HEALTHY

FOTO: Nyamuk Malaria (ist)

25 Juta Warga Afrika Terancam Malaria

Jumlah warga Afrika terancam malaria meningkat dua kali lipat menjadi 25 juta orang pada 2080 akibat perubahan iklim, ...
obat/ilustrasi

Memperkuat Sinergi dan Sistem Pengawasan BPOM di Era MEA

Sosialisasi tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sampai hari ini masih terus dilakukan agar tidak ada persepsi yang salah ...
Personel Satlantas Polresta Medan bagi-bagikan masker kepada penguna jalan di persimpangan Jalan Sudirman dan Slamet Riadi Medan, Kamis (9/10). Pembagian masker sebagai bentuk kepedulian Polresta mengantisipasi dampak debu vulkanik Gunung Sinabung. Foto : James P. Pardede

Polisi Bagi-bagi Masker Gratis di Medan

Dampak erupsi gunung Sinabung yang mengeluarkan debu vulkanik telah menyebar sampai ke Medan. Menyikapi hal ini, Satuan Lalulintas ...

TEKNOLOGI

FOTO: Google

Puluhan Ribu Staf Google Siap Buru Konten Ekstremis di Youtube

Google akan mengerahkan 10.000 staf untuk memburu konten ekstremis di platform YouTube mereka menyusul kritik baru-baru ini menurut ...
Logo aplikasi WhatsApp

Konten Pornografi Muncul, Kominfo Tidak Blokir “WhatsApp”

Pasca ramai munculnya konten bernuansa pornografi dalam format "graphics interchange format" atau GIF dalam aplikasi pesan "WhatsApp", pemerintah tetap ...
obat/ilustrasi

Memperkuat Sinergi dan Sistem Pengawasan BPOM di Era MEA

Sosialisasi tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sampai hari ini masih terus dilakukan agar tidak ada persepsi yang salah ...

KOMUNITAS

Olah raga bela diri Kendo.

Kendo, Menyerang tapi Beretika

KIAI!! begitu teriak dua pria yang saling menyerang dengan pedang kayu. Suasana pun berubah menjadi mendebarkan. Setiap kali menyerang, ...
Belajar Membatik

Peserta Didik Belajar Membatik

BELAJAR MEMBATIK-Peserta didik Nanyang Zhi Hui School Medan memberikan pelajaran tambahan (ekstrakurikuler) jurnalistik, video, menggambar, catur, futsal, dance, ...
Belajar Membatik

Peserta Didik Belajar Membatik

BELAJAR MEMBATIK-Peserta didik Nanyang Zhi Hui School Medan memberikan pelajaran tambahan (ekstrakurikuler) jurnalistik, video, menggambar, catur, futsal, dance, ...

AWARD

FOTO: pelantikan pengurus IKAUMI se Jabodetabek, di Citeureup - Bogor. (SWATT Online/doc)

Masrurah Mohktar kukuhkan pengurus IKAUMI se-Jabodetabek.

Pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) PT Security Phisik Dinamika (SPD) menjadi saksi sejarah pelantikan pengurus Ikatan Alumni Universitas ...
FOTO: Muhajir/SWATT Online

Lagi, Dirut SPD Group raih Award 2012

Direktur utama PT Security Phisik Dinamika (SPD Group) Panglima Ali kembali ditetapkan sebagai peraih penghargaan The Inspiring Leader ...
Direktur utama SPD, Panglima Ali menerima penganugerahan penghargaan "Top 25 The Excellent Performance & Education Award 2012", dari Kementerian Koperasi dan UKM di Hotel Le Meriedien, Jumat

Direktur utama SPD Group raih “Top Profider Security Service”

Direktur utama PT Security Phisik Dinamika (SPD Group) Panglima Ali mendapatkan penganugerahan penghargaan dari  Kementerian Koperasi dan UKM, ...

TIPS

kerja1

Kiat Bugar Sepanjang Hari di Kantor

Yayasan Jantung Inggris (BHF) menyimpulkan pekerja modern punya efek yang merugikan terhadap kesehatan. Untuk ini, BHF memberikan tips ...
Nicholas Saputra/REUTERS

Tips Nyaman Berwisata Ala Nicholas Saputra

JAKARTA - Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berwisata, terutama jika anda ingin bepergian jauh ke luar negeri. ...
Bahasa Asing (ilustrasi)/LIBRARY ESCONDIDO

Tiga Jurus Bikin Belajar Bahasa Jadi Hobi Mengasyikkan

Tidak ada ilmu yang bisa masuk ke tulang sum-sum bila si pembelajar tidak menyukainya. Bagi yang sedang berusaha ...