Thursday, July 18th, 2019

Penguatan Peran Keluarga : Anak Kecil Juga Boleh Punya Visi

Published on June 28, 2016     Penulis :   ·   No Comments
Pertemuan antara orangtua dengan pendidik akan memudahkan orangtua dalam mengawal pendidikan anaknya

Pertemuan antara orangtua dengan pendidik akan memudahkan orangtua dalam mengawal pendidikan anaknya Foto : James P Pardede

Orangtua sangat bangga kalau anak-anaknya bisa berhasil menyelesaikan pendidikannya sejak dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan pendidikan tinggi. Saat menghadiri acara wisuda anaknya, orangtua akan menangis bahagia karena sudah berhasil mengawal pendidikan anaknya sampai menjadi sarjana. Apakah semua orangtua memiliki kesempatan yang sama dalam mengawal pendidikan anaknya sampai mereka bisa mandiri dan berhasil mengalahkan tantangan yang ada dalam mengarungi lautan kehidupan, yang penuh dengan tantangan dan hambatan.

Oleh : James P. Pardede

Bagaimana dengan orangtua yang tidak memiliki waktu dan kesempatan yang sangat besar dalam mengawal pendidikan anak-anaknya ? Sebagian dari anak-anak yang memiliki visi jauh ke depan akan mencoba untuk terus bertahan dan bertahan, walaupun sesungguhnya mereka sangat mengharapkan pendampingan orangtua dalam menapaki anak tangga pendidikannya. Sebagian lagi harus bertarung untuk melawan godaan dan bujuk rayu duniawi yang terasa nikmat sesaat, setelah itu menyesal sampai akhir hayat.

Dari dua kenyataan yang ada, antara pentingnya peran keluarga dalam mengawal pendidikan anak membuktikan bahwa kebanyakan orangtua sungguh-sungguh ingin anaknya sukses. Namun, kenyataannya banyak orangtua begitu sibuk dengan rutinitas sehari-hari sehingga peran pengasuhan bergeser menjadi hal sekunder. Akhirnya, peran ini digantikan oleh lembaga pendidikan dan guru les privat. Orangtua merasa bahwa urusan pendidikan sudah menjadi tanggung jawab sekolah dan bimbingan belajar (les tambahan).

Masih dari kenyataan yang ada di sekitar kita, keterlibatan orangtua dalam proses pembelajaran anak ternyata tidak hanya berdampak positif bagi anak-anak yang menjadi siswa, tetapi juga bagi orangtua dan guru. Hornby G dalam Parental Involvement in Childhood Education: Building Effective School-Family Partnerships (2011) menyatakan, dengan terlibat dalam proses pembelajaran anak, orangtua dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan diri dalam proses pengasuhan anak dan orangtua akan semakin tertarik dengan pendidikan anak.

Direktur Akademik PrimeOne School Medan, Fauziah Khairani Lubis menegaskan, keterlibatan orangtua dalam mengawal pendidikan anak harus dimulai sejak usia dini. Ketika anak-anak memasuki usia sekolah, peran orangtua sangat menentukan perkembangan belajar si anak di sekolah.

“Kita sendiri menerapkan program Parent-Teacher Conference (PTC), yaitu pertemuan antara pendidik dengan orangtua di dalam kelas tempat peserta didik belajar. Hal ini kita lakukan untuk memperkuat hubungan antara orangtua dengan pendidik,” katanya.

Pada pertemuan antara orangtua dengan pendidik dan peserta didik, lanjut Fauziah peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari selama satu semester. Orangtua juga mempunyai kesempatan untuk menanyakan kepada pendidik sudah sampai sejauh mana perkembangan anaknya dalam menyerap pelajaran di sekolah. PTC menjadi bagian penting dalam memberikan informasi tentang perkembangan anak di sekolah dan bagaimana orangtua melaporkan keberadaan anaknya di rumah.

Di sisi lain, ketika keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak-anak sangat kurang dan bahkan terkesan abai akan memberikan efek yang sangat signifikan. Perilaku anak di sekolah biasanya akan menunjukkan satu sikap yang berbeda dan selalu memiliki keinginan agar diperhatikan oleh teman-temannya satu kelas. Sikap ini terkadang luput dari perhatian pendidik yang menganggap perilaku peserta didik seperti ini adalah biasa.

Dari banyak contoh dan bukti yang kita lihat di sekitar kita, anak-anak yang terbiasa dengan kehidupan bebas dan tidak pernah mendapat pengawasan orangtua akan berbeda sangat jauh dengan anak-anak yang selalu mendapat pendampingan orangtua. Keterlibatan orangtua dalam penataan waktu kapan saat mengerjakan PR sekolah, kapan membantu orangtua mengerjakan tugas sehari-hari di rumah, kapan waktu untuk bermain, menonton TV atau mengikuti les tambahan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak.

Menurut Fauziah, penataan waktu belajar anak dan waktu untuk membantu orangtua adalah bagian dari penanaman disiplin dan tanggungjawab terhadap anak. Mendidik anak untuk memiliki kepedulian terhadap sesama, pekerjaan rumah dan bentuk tanggungjawab lainnya akan membentuk karakter dan moral anak untuk menjadi individu yang selalu berpikir positif.

Peran orangtua menjadi sangat penting, terutama dalam tindakan mengawasi anak belajar, memprioritaskan tugas yang terkait dari sekolah, memenuhi segala keperluan yang dibutuhkan, memberikan dorongan anak untuk aktif dalam kegiatan sekolah, dan memberikan kesempatan mengikuti berbagai aktivitas yang menunjang kegiatan belajar. Kondisi demikian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam mencapai nilai ketuntasan anak sangat penting.

“Keterlibatan orangtua secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kegiatan belajar anak di sekolah sangat berpengaruh terhadap capaian prestasi anak. Anak kecil memiliki visi yang sangat positif, kalau orangtua salah dalam mengarahkannya, maka orangtua hanya bisa mengelus dada di kemudian hari ketika si anak merasa visinya dilecehkan dan anak gagal dalam meraih impiannya,” tandasnya.

Bukti dari pentingnya peran keluarga atau orangtua dalam pendidikan anak ternyata sangat dirasakan oleh Dolly Hardjono. Dimana sejak 1997, Dolly kecil yang masih berusia 10 tahun dan duduk di kelas 4 SD, oleh ibunya Mita Hardjono, dikirim sekolah ke Singapura.

“Saat itu saya merasa seperti di dunia lain, Singapura memiliki penataan kota yang sangat bagus, saya dikelilingi gedung-gedung tinggi, perumahan, penataan penghijauan dan infrastruktur yang sangat bagus, sangat jauh berbeda dengan kota Medan,” kata Dolly Hardjono.

Setelah berada di Singapura, Dolly kecil sangat senang berjalan-jalan sekitar City Hall sampai Orchard Road untuk melihat keunikan desain eksterior dan interior gedung-gedung pencakar langit. Perlahan, Dolly tidak menyadari kalau ia sudah jatuh cinta dengan dunia properti.

“Saya berharap dan berdoa kepada Tuhan supaya suatu hari jika Tuhan mengijinkan, cita-citaku menjadi developer yang baik bisa terwujud. Aku bisa membangun gedung-gedung, perumahan dengan konsep dan desain berkualitas yang bagus sehingga orang-orang dapat senang dan nyaman tinggal di rumah dan bekerja,” tutur Dolly yang pernah bersekolah di Penang, Malaysia dan Singapura ini.

Pemikiran Positif

Setelah menamatkan kuliahnya di Jurusan Global and Corporate Finance, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Dolly bukan terjun ke bidangnya waktu kuliah. Ia justru beralih ke sektor properti dan menemui banyak tantangan. Sebenarnya, menurut Dolly tantangan yang selalu menghantui perjalanannya di bidang property ini adalah input-input negatif dari orang lain.

“Dulu, waktu masih SD saya bilang ke teman-teman mami dan keluarga bahwa saya mempunyai visi ingin membangun rumah dan gedung-gedung. Respon mereka pada waktu itu kebanyakan negatif. Saya justru dicap anak kecil yang gila, sombong dan hanya omong besar,” tandas Dolly.

Parent-Teacher Conference (PTC) menjadi sarana penting dalam mengawal pendidikan anak Foto : James P Pardede

Parent-Teacher Conference (PTC) menjadi sarana penting dalam mengawal pendidikan anak Foto : James P Pardede

Seiring waktu berjalan, Dolly tetap yakin dengan visinya, dimana semua kata-kata negatif yang terlontar menja­­­di kekuatan motivasi yang sangat positif baginya untuk mencapai cita-cita menjadi pengembang. Sebenarnya Dolly ingin mengatakan bahwa anak-anak kecil juga boleh mempunyai visi dan bisa mewujudkannya menjadi kenyataan.

“Sejujurnya, sebagai manusia biasa, saya sangat terpengaruh dengan input negatif dari banyak orang dan membuat saya hampir menyerah. Tetapi sekali lagi, saya sangat berterima kasih pada Tuhan yang memberi saya mami yang selalu memotivasi dan menguatkan saya. Melihat sosok mami yang membesarkan saya, abang dan adik saya, Shirly Hardjono, dengan yang awalnya tidak punya apa-apa sampai saat ini, membuat saya selalu termotivasi bahwa tidak ada hal yang mustahil,” paparnya.

Kalimat “Nothing is impossible with God” menjadi motto kehidupan yang selalu ada di benak Dolly. Kalimat “Impossible we do, miracle we try” yang ada dalam film My Stupid Boss juga menjadi salah satu ungkapan yang membangun semangat Dolly untuk terus berkarya.

“Pemikiran positif adalah kunci kesuksesan. Terutama kekompakan keluarga dan kerja sama antara abang dan adik yang saling mendukung. Perjalanan hidupku untuk mencapai visi kehidupanku masih jauh, ini adalah hanya langkah awal,” katanya.

Dukungan orangtua dalam mengawal pendidikan anak menjadi sangat penting terutama di hari-hari belakangan ini. Dimana generasi muda kita banyak yang terjerumus menjadi pecandu narkoba. Orangtua sekarang terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing. Waktu untuk mendengar keluhan anak saja hampir tidak ada, tetapi setelah anak terjerumus menjadi pecandu narkoba barulah orangtua punya waktu hampir setiap hari untuk mendampinginya di rumah rehabilitasi.

Menurut salah seorang guru Nanyang Zhi Hui Medan Yusni Hati, beberapa orangtua saat ini tidak menetapkan batas-batas dan memberikan dukungan untuk anak-anak mereka. Hal ini mungkin karena mereka terlalu sibuk untuk melakukannya, atau bahkan tidak begitu peduli mengenai anak-anak mereka. Kegagalan mereka untuk mengawasi anaknya dapat membuat anak merasa terpencil dan diasingkan.

“Orangtua dalam mengawasi anaknya ada yang tidak melekat dan ada juga yang menyerahkan segala susuatunya kepada pembantu atau supir yang setiap saat mengantar anak ke sekolah,” paparnya.

Orangtua seperti ini, kata Yusni hanya mengajarkan anak-anak mereka bagaimana untuk hidup, tetapi tidak mengajarkan bagaimana caranya untuk bertahan hidup.

Dari pengalaman dan pengamatan di lapangan, banyak orangtua yang memberikan fasilitas kepada anak-anak mereka, seperti rumah, makanan, dan pakaian. Fasilitas lainnya adalah handphone dengan keluargan terbaru, table tab dan segala perlengkapan lainnya. Melihat perilaku orangtua seperti ini kita jadi merasa miris. Karena, ketika anak-anak ingin mencoba untuk melakukan sesuatu dengan caranya sendiri, orangtua langsung melarang dan protes.

“Ketika orangtua terus menerus mengabaikan anak untuk mengerjakan tugas-tugas lain, rasa tidak aman akan berkembang dalam pikiran anak. Sewaktu anak merasa diabaikan, maka ia merasa bahwa mengabaikan orang lain adalah suatu hal yang biasa. Anak selalu lebih suka menarik diri dari situasi sosial. Kurangnya perhatian pada anak akan menurunkan tingkat kepercayaan dari anak,” paparnya.

Orangtua yang abai terhadap keperluan anak, kebutuhan anak dan tugas-tugas anak akan berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Anak-anak kecil memiliki cita-cita dan visi yang luhur. Terkadang orangtua merasa visi atau impian anak itu hanya asal-asalan saja. Padahal, tidak jarang anak-anak yang punya visi sejak kecil bisa jadi kenyataan ketika mereka benar-benar bisa mewujudkannya. Yang paling penting dalam hal ini adalah, orangtua jangan merasa abai atau mengecilkan semangat anak untuk meraih visinya. Orangtua sebagai wakil Tuhan dibumi memiliki tanggungjawab yang sangat besar dalam mengawal pertumbuhan, perkembangan dan pendidikan anak. (Penulis adalah kontributor SWATT Online di Medan, Sumatera Utara)

Share

Readers Comments (0)




*
 

INTERNASIONAL

FOTO: Psukan Militer Israel (www.pri.org)

Militer Israel Gempur Pasukan Iran di Suriah

Paukan Militer Israel (IDF) mengatakan mereka mulai melancarkan serangan terhadap pasukan Iran di Suriah. IDF mengatakan target operasi ini ...
FOTO : Ilustrasi Pemuda Palestina

Dua Pemuda Palestina Ditembak Tentara Israel

Dua pemuda Palestina yang masuk ke Israel melalui Jalur Gaza tewas ditembak oleh tentara Israel, pada hari Minggu ...
FOTO: Seorang anak perempuan Palestina menghadang tentara Israel.

Hikmanto : Soal Yerusalem Bukan Soal Agama, Melainkan Bentuk Penjajahan

Masyarakat di Tanah Air dihimbau tetap dapat menjaga perdamaian serta tidak mudah terprovokasi melakukan kekerasan terkait kriris Yerusalem, ...

FOKUS

Pendiri Majalah Playboy, Hugh Hefner

Hugh Hefner Melegenda dengan ‘Majalah Playboy’

Pria kelahiran 9 April 1926 ini melegenda sebagai pelopor majalah pria dewasa Playboy yang didirikannya. Ya, dia adalah Hugh Hefner. Disaat ...
Kawsan wisata Danau Toba menjadi salah satu objek wisata andalan Sumatera Utara. Foto : James P Pardede

Hari Jadi ke-67 Pemprovsu : Komitmen dan Kebersamaan Kata Kunci Membangun Sektor Pariwisata yang Berdaya Saing di Kawasan ASEAN

Tahun ini (2015), Provinsi Sumatera Utara genap berusia 67 tahun. Di usianya yang sudah sangat matang itu ada ...
kritik_heru

Kritik.

Dan anda yang pro terhadap pemerintahan, tak seharusnya juga menganggapnya sebagai pembenci. Karena kritikan adalah bumbu sedap yang ...

INTERVIEW

Mochammad Zainul Muttaqien

Redam Konflik SARA dengan Silaturahmi.

Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polisi Republik Indonesia (Polri) sebagai lembaga pelaksana kebijakan Polri mengemban tugas dan peran sebagai ...
Supandi (ist.)

Hakim Agung Supandi: Eksekusi Susno, MA Dijadikan Keranjang Sampah

Jakarta - Kasus eksekusi Suno Duadji bak sinetron. Setelah melalui perdebatan pepesan kosong, Susno akhirnya menyerahkan diri ke Lapas ...
dok detikcom

Adrianus Meliala Soal Susno: Orang yang Sengaja Melindungi, Bodoh

Jakarta - Hingga kini, terpidana dugaan kasus korupsi pengamanan pilkada Jawa Barat 2008 dan korupsi penanganan perkara PT Salmah ...

HEALTHY

FOTO: Nyamuk Malaria (ist)

25 Juta Warga Afrika Terancam Malaria

Jumlah warga Afrika terancam malaria meningkat dua kali lipat menjadi 25 juta orang pada 2080 akibat perubahan iklim, ...
obat/ilustrasi

Memperkuat Sinergi dan Sistem Pengawasan BPOM di Era MEA

Sosialisasi tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sampai hari ini masih terus dilakukan agar tidak ada persepsi yang salah ...
Personel Satlantas Polresta Medan bagi-bagikan masker kepada penguna jalan di persimpangan Jalan Sudirman dan Slamet Riadi Medan, Kamis (9/10). Pembagian masker sebagai bentuk kepedulian Polresta mengantisipasi dampak debu vulkanik Gunung Sinabung. Foto : James P. Pardede

Polisi Bagi-bagi Masker Gratis di Medan

Dampak erupsi gunung Sinabung yang mengeluarkan debu vulkanik telah menyebar sampai ke Medan. Menyikapi hal ini, Satuan Lalulintas ...

TEKNOLOGI

FOTO: Google

Puluhan Ribu Staf Google Siap Buru Konten Ekstremis di Youtube

Google akan mengerahkan 10.000 staf untuk memburu konten ekstremis di platform YouTube mereka menyusul kritik baru-baru ini menurut ...
Logo aplikasi WhatsApp

Konten Pornografi Muncul, Kominfo Tidak Blokir “WhatsApp”

Pasca ramai munculnya konten bernuansa pornografi dalam format "graphics interchange format" atau GIF dalam aplikasi pesan "WhatsApp", pemerintah tetap ...
obat/ilustrasi

Memperkuat Sinergi dan Sistem Pengawasan BPOM di Era MEA

Sosialisasi tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sampai hari ini masih terus dilakukan agar tidak ada persepsi yang salah ...

KOMUNITAS

Olah raga bela diri Kendo.

Kendo, Menyerang tapi Beretika

KIAI!! begitu teriak dua pria yang saling menyerang dengan pedang kayu. Suasana pun berubah menjadi mendebarkan. Setiap kali menyerang, ...
Belajar Membatik

Peserta Didik Belajar Membatik

BELAJAR MEMBATIK-Peserta didik Nanyang Zhi Hui School Medan memberikan pelajaran tambahan (ekstrakurikuler) jurnalistik, video, menggambar, catur, futsal, dance, ...
Belajar Membatik

Peserta Didik Belajar Membatik

BELAJAR MEMBATIK-Peserta didik Nanyang Zhi Hui School Medan memberikan pelajaran tambahan (ekstrakurikuler) jurnalistik, video, menggambar, catur, futsal, dance, ...

AWARD

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Aditya Pradana Putra/Republika

Penghargaan Bagi SBY Apresiasi Dunia untuk Kerukunan Beragama

JAKARTA - Presiden SBY sangat menghargai perbedaan dan menghormati kehidupan antar beragama dan antar umat beragama. Karenanya, sangat ...
Kemlu

Kemlu Anugerahkan Penghargaan Adam Malik untuk Media

Jakarta - Media menjadi mitra  sangat penting dalam mendorong laju efektifitas pelaksanaan politik luar negeri dan diplomasi. Peran tersebut ...
Pada malam kunjungan ke AS untuk menerima kehormatan tertinggi Washington, Aung San Suu Kyi menghadapi tuduhan telah mengabaikan minoritas Muslim Myanmar Photo: AFP/The Age

Raih penghargaan dari Washington, Suu Kyi dikritik.

Pemimpin pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi dijadwalkan akan menerima penghargaan Congressional Gold Medal, di Washington DC, pekan ...

TIPS

kerja1

Kiat Bugar Sepanjang Hari di Kantor

Yayasan Jantung Inggris (BHF) menyimpulkan pekerja modern punya efek yang merugikan terhadap kesehatan. Untuk ini, BHF memberikan tips ...
Nicholas Saputra/REUTERS

Tips Nyaman Berwisata Ala Nicholas Saputra

JAKARTA - Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berwisata, terutama jika anda ingin bepergian jauh ke luar negeri. ...
Bahasa Asing (ilustrasi)/LIBRARY ESCONDIDO

Tiga Jurus Bikin Belajar Bahasa Jadi Hobi Mengasyikkan

Tidak ada ilmu yang bisa masuk ke tulang sum-sum bila si pembelajar tidak menyukainya. Bagi yang sedang berusaha ...