Meledak Gardu Listrik di Pasar Baru

Sebuah ledakan keras mengangetkan warga Kompleks Jaya Molek, Pasar Baru, Jakarta Pusat (Jakpus), pagi ini. Ledakan itu bersumber dari gardu PLN yang berada di bagian belakang kompleks.

Berdasarkan penuturan warga setempat, Edison, ledakan itu terjadi pada pukul 06.30 WIB, Rabu (14/9/2011). Begitu ledakan terdengar, lampu di rumahnya serta lingkungan kompleks Jaya Molek langsung padam.

“Saya kan di lantai dua, tiba-tiba terdengar ledakan. Bunyinya kenceng sekali, sampai menimbulkan getaran. Kemudian saya turun dan melihat gardu PLN terbakar,” kata Edison saat dihubungi wartawan.

Menurut Edison, begitu dia menengok ke gardu bernomor No S.29N, di situ ada dua pekerja kontraktor pemasang kabel PLN bawah tanah. Tubuh kedua pekerja itu masih gemetaran pasca timbulnya ledakan.

“Saya tanya ke mereka. Katanya mau alirkan listrik dari gardu ke kabel yang digali. Nah mungkin di situ terjadi kesalahan,” ucap Edison.

Sementara kondisi gardu yang meledak, lanjut Edison, tampak gosong. Masih sempat terlihat adanya percikan api dan asap gardu tersebut, namun api tidak membesar. “Di gardu saya lihat tadi ada 3 benda, saya juga nggak ngerti apa. Tampak terbakar,” ungkapnya.

Hingga kini, belum ada pihak PLN yang datang ke lokasi. 2 Pekerja yang sebelumnya ada di TKP sudah pergi entah ke mana. Listrik di kompleks tempat tinggalnya juga masih padam. “sekarang masih mati lampu. Orang PLN-nya belum ada,” keluh Edison. |dtc|

Related Posts